Lompat ke isi utama

Berita

Verfak Dokumen Bacakada OKI 2024, Bawaslu OKI Lakukan Pengawasan Langsung

BAWASLU OKI VERFAK ABDIYANTO

Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona dan Anggota Bawaslu OKI Didi Masda Riandri beserta jajaran lakukan pengawasan verifikasi faktual (verfak) dokumen Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) OKI 2024 di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Rabu (4/9/2024).

Palembang, Bawaslu OKI – Bawaslu OKI lakukan pengawasan langsung verifikasi faktual (verfak) terhadap keabsahan dokumen Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) OKI 2024. Pengawasan verfak yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Rabu (4/9/2024) terkait berkas ijazah milik Abdiyanto Fikri.

“Hal ini untuk memastikan bahwa dokumen bakal calon yang didaftarkan ke KPU OKI adalah dokumen yang sama dengan yang dikeluarkan oleh instansi tersebut. Proses verifikasi ini merupakan langkah untuk menjaga integritas Pilkada 2024 tetap terjaga, terutama pada tahapan pencalonan yang sedang berlangsung sekarang,” ungkap Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona.

Romi menjelaskan, jajaran Bawaslu OKI mengambil langkah tegas dengan melakukan pengawasan langsung verfak ke UMP. Karena menurutnya, hal ini akan menjadi masalah besar di kemudian hari jika terjadi ketidakcocokan antara berkas yang dilampirkan saat pendaftaran dengan berkas yang disandingkan oleh UMP.

BAWASLU OKI VERFAK ABDIYANTO

“Dokumen syarat pencalonan merupakan hal yang perlu diawasi secara langsung dan ketat. Ini untuk menghindari permasalahan di kemudian hari jika terdapat ketidakcocokan terhadap dokumen pencalonan. Maka dari itu, kami, Bawaslu OKI, mengambil langkah tegas dengan melakukan pengawasan langsung ke instansi yang mengeluarkan ijazah,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Anggota Bawaslu OKI Didi Masda Riandri, telah dikonfirmasi oleh pihak UMP bahwa Bakal Calon Wakil Bupati OKI 2024 Abdiyanto Fikri benar merupakan mahasiswa yang telah lulus melalui instansi tersebut. Pihak UMP telah memperlihatkan database mahasiswa yang pernah mengemban pendidikan disana, dan benar namanya memang terdata.

“Pihak UMP telah menyatakan benar adanya Abdiyanto merupakan mahasiswa mereka. Melalui database mahasiswa yang ditunjukkan mereka, setelah melakukan proses verifikasi dan pencocokan, terdata bahwa Abdiyanto Fikri merupakan mahasiswa lulusan Strata 2 Prodi Ilmu Hukum di UMP,” ujar Didi.

Dengan verifikasi yang dilakukan, Bawaslu OKI berharap agar seluruh proses verfak keabsahan dokumen pencalonan berjalan lancar. Bawaslu OKI juga akan terus melakukan pengawasan melekat hingga seluruh proses pencalonan ini selesai. 

FOTBER VERFAK AF

Penulis : Zamzam Mabrur Nuris

Editor : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Zamzam Mabrur Nuris