Lompat ke isi utama

Berita

Tahapan Paling Krusial, M. Oki : Pungut Hitung Harus Dilakukan Dengan Pengawasan Maksimal

Anggota BAwaslu OKI, M. Oki Mabruri (dua dari kanan) saat memberikan arahan dan membuka rakor

Anggota BAwaslu OKI, M. Oki Mabruri (dua dari kanan) saat memberikan sambutan dan membuka rakor di Peninsula Hotel Palembang, Jumat (08/02/2024)

Palembang, Bawaslu OKI - Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 merupakan tahapan paling krusial dan rawan karena menjadi puncak dari seluruh rangkaian Tahapan Pemilu 2024. Untuk itu, diperlukan kecermatan dan ketelitian untuk memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS sudah sesuai aturan.

"Saya sampaikan kepada PTPS melalui Panwaslu Kecamatan, agar betul-betul memaksimalkan pengawasan menjelang dan saat pemungutan dan penghitungan surat suara di TPS. Karena kalau tidak, potensi kecurangan dan pelanggaran pasti akan terjadi dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemungutan suara ulang", tegasnya saat memberikan arahan dan membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara Pada Pemilu Serentak Tahun 2024 Se Kabupaten Ogan Komering Ilir bertempat di Sintesa Peninsula Hotel Palembang (08/02/2024).

Dalam pelaksanaannya nanti, penguatan kapasitas serta pemahaman pengawas pemilu tentang teknis pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara nanti harus dipahami dan dimengerti oleh PTPS. "Oleh karena itu, persiapan yang matang dan terstruktur dalam bentuk Bimbingan Teknis kepada PTPS perlu dilakukan untuk memastikan hasil pemilu berkualitas dan berintegritas" tambahnya.

Kegiatan Rakor juga diisi penyampaian materi dari narasumber, yaitu Antoni Ahyar, SH (Anggota KPU OKI Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu) dan Dr. Eko Kusnadi, M.Si (Anggota Bawaslu Kota Palembang periode 2018-2023). Dan para peserta adalah Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Komering Ilir beserta staf yang membidangi Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat.

 

 

 

Penulis & Dokumentasi : Minal Achyar

Humas Bawaslu OKI