Lompat ke isi utama

Berita

Pilkada 2024, Bawaslu OKI Siap Perkuat Sinergi Dengan Media Dan Kelembagaan

FOTBER MAPPILU

Foto Bersama Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona (dua dari kiri) pada Launching Masyarakat & Pers Pemilu (MAPPILU) PWI Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan : "Sinergitas Penyelenggara Negara, TNI, POLRI, Masyarakat dan Pers Kawal Pilkada Damai 2024" di Aula Kelly Mariana, Kantor KPU Sumsel, Selasa (13/08/2024).

Palembang, Bawaslu OKI – Dalam rangka memperkuat pengawasan Pemilihan Serentak 2024, Bawaslu OKI berkomitmen membangun sinergi dengan media dan berbagai lembaga terkait. Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, menyampaikan hal ini saat menghadiri peluncuran Masyarakat & Pers Pemilu (MAPPILU) PWI Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan yang mengusung tema "Sinergitas Penyelenggara Negara, TNI, POLRI, Masyarakat dan Pers Kawal Pilkada Damai 2024" pada Selasa (13/08/2024).

Romi Maradona menegaskan pentingnya peran MAPPILU dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu yang jujur dan adil, serta dalam mengedukasi masyarakat agar partisipasi pemilih meningkat pada Pilkada mendatang. “Setelah peluncuran ini, kami percaya, dengan adanya MAPPILU, sinergi antara penyelenggara Pemilu dan media akan semakin kuat. Ini penting untuk memastikan Pilkada berjalan jujur, adil, dan demokratis. Selain mendukung pengawasan, kami berharap MAPPILU bisa menjadi jembatan bagi masyarakat, memberikan informasi yang benar dan mengajak lebih banyak orang untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada Serentak 2024,” ujar Romi di Aula Kelly Mariana, Kantor KPU Sumsel.

ROMI MAPPILU

Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi, menjelaskan bahwa pembentukan MAPPILU di tingkat Kabupaten/Kota merupakan implementasi dari instruksi PWI Pusat. Langkah ini bertujuan agar MAPPILU bisa berperan aktif dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada di seluruh wilayah Sumatera Selatan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua MAPPILU PWI Sumsel, Edward Novandi juga menekankan pentingnya kehadiran MAPPILU di seluruh daerah untuk memastikan proses Pilkada berjalan lancar dan transparan. "Teman-teman MAPPILU Kabupaten/Kota di Sumsel bisa memantau Pilkada di Sumsel saat melaksanakan tugasnya. MAPPILU Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tugasnya juga bisa merekrut relawan, dan MAPPILU PWI bisa berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten/Kota,” ujarnya,

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sumsel, Massuryati, dalam acara tersebut mendorong media massa serta stakeholder lainnya untuk bersinergi bersama Bawaslu dalam mengawal Pilkada yang berintegritas. “Kami telah melakukan berbagai upaya pengawasan partisipatif dengan melibatkan media dan pemangku kepentingan lainnya, dan ke depan akan ada kegiatan lebih besar dengan pelibatan 1.000 peserta dalam pengawasan Pilkada,” ungkap Massuryati.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk media massa dari PWI Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, Bawaslu dan KPU Kabupaten/Kota, Kepolisian Daerah Sumsel, Kodam II Sriwijaya, serta tokoh masyarakat Provinsi Sumatera Selatan. Sinergi ini diharapkan mampu menciptakan Pilkada Serentak 2024 yang damai dan kondusif di seluruh wilayah Sumatera Selatan.

FOTBER LENGKAP

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Andry Rama Kesuma