Lompat ke isi utama

Berita

Monitoring Ke Desa Terluar dan Sulit Dijangkau Untuk Pemilu 2024 di Kabupaten OKI

Pj. Bupati OKI (kiri/orange) bersama Bawaslu & KPU OKI serta unsur Forkopimda Kab. OKI di Desa Sungai Batang

Pj. Bupati OKI (kiri/orange) bersama Bawaslu & KPU OKI serta unsur Forkopimda Kab. OKI di Desa Sungai Batang

Kayuagung, Bawaslu OKI - Penjabat Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Asmar Wijaya bersama Bawaslu, KPU, Kajari, Dandim, dan Polres OKI melakukan monitoring ke salah satu wilayah terluar di Kabupaten OKI, yaitu Desa Sungai Batang Kecamatan Air Sugihan dalam rangka pengecekan jalur tersulit untuk pendistribusian logistik Pemilu 2024 dan kesiapan lokasi TPS di desa tersebut pada Sabtu (27/01/2024). Pengecekan ini bertujuan untuk menyiapkan mitigasi distribusi  logistik Pemilu 2024 untuk wilayah yang jauh akses dan jangkauannya, termasuk memetakan hambatan-hambatan apa saja yang akan dihadapi saat distribusi logistik dari KPU Kabupaten ke PPK, PPS sampai ke TPS di desa Sungai Batang. 

Desa Sungai Batang, Kecamatan Air Sugihan merupakan salah satu desa perairan di Ogan Komering Ilir. Letaknya tepat berada di muara yang menuju langsung Selat Bangka. Penduduk yang menempati desa ini mencapai 1.157 jiwa dengan mata pilih sebanyak 592 orang yang akan dibagi menjadi 3 TPS.

Dengan waktu tempuh selama 6-7 jam dari Kota Kayuagung, tentu ini menjadi perhatian serius bagi Bawaslu OKI untuk mengantisipasi kerawanan pada saat distribusi surat suara. Tentu dukungan dan sinergi semua pihak dibutuhkan untuk memastikan distribusi logistik pemilu di wilayah ini berjalan dengan lancar. 

Sementara Ketua KPU OKI Muhammad Irsan memastikan secara teknis pengiriman logistik akan dilakukan tepat waktu. Berbagai persoalan dan potensi kerawanan proses distribusi logistik pemilu ke wilayah terluar menurut dia harus bisa diantisipasi sejak dini. "Sehingga sebagai penyelenggara pemilu, KPU OKI memastikan distribusi logistik nantinya dapat dilakukan tepat jumlah dan tepat waktu agar proses pemilu dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan," tegasnya.

Penulis & Dokumentasi : Minal Achyar

Humas Bawaslu OKI