Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Penetapan DPT Tingkat Kabupaten, Bawaslu OKI Sampaikan Masukan

PRA DPT

Anggota Bawaslu OKI, RA. Muhammad Oki Mabruri sampaikan beberapa masukan pada Rapat Koordinasi Persiapan Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2024 di Aula Demokrasi KPU OKI, Rabu (18/9/2024).

Kayuagung, Bawaslu OKI – Menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 di Kabupaten OKI, Bawaslu OKI memberikan beberapa saran untuk memastikan validitas dan akurasi data pemilih. Masukan tersebut disampaikan oleh Anggota Bawaslu OKI, RA. Muhammad Oki Mabruri, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Rekapitulasi dan Penetapan DPT di Aula Demokrasi KPU OKI, Rabu (18/9/2024).

“Kami menyambut baik adanya kegiatan koordinasi ini sebagai upaya menyamakan persepsi antara KPU dan Bawaslu. Kami berharap, jika masih ada permasalahan terkait data pemilih, agar segera diselesaikan sebelum pleno penetapan DPT di tingkat kabupaten," ujar Oki.

Oki menekankan pentingnya kerja sama antara Bawaslu dan KPU dalam proses penyusunan DPT. Bawaslu, menurutnya, bukanlah hambatan bagi KPU, melainkan mitra yang siap memberikan masukan demi kelancaran proses penyusunan daftar pemilih. 

Masih lanjut Oki, jika Bawaslu memberikan saran perbaikan, dirinya berharap agar segera ditindaklanjuti oleh KPU. “Jika kami memberikan saran perbaikan, tolong segera diperbaiki. Kemudian jika ada rekan-rekan Bawaslu yang membutuhkan data, selama data tersebut tidak dilarang untuk diakses, kami mohon agar bisa diberikan,” tambahnya.

OKI SARAN

Salah satu isu yang disoroti oleh Bawaslu OKI adalah masih adanya pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang tercantum dalam DPT. Oki menyebutkan, berdasarkan pengecekan yang dilakukan di beberapa kecamatan, masih ada data pemilih TMS yang muncul di DPT Online.

Oki juga mengingatkan pentingnya perhatian ekstra dalam proses penetapan DPT untuk menghindari potensi sengketa di kemudian hari. “Kita ketahui bersama, Pemilihan di OKI kali ini bersifat ‘head to head’, yang artinya potensi terjadinya sengketa hasil sangat tinggi. Oleh karena itu, validasi data pemilih menjadi hal yang krusial,” jelas Oki.

Bawaslu OKI sebelumnya juga telah memberikan saran terkait sinkronisasi data pada tahap penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Oki mengingatkan kembali bahwa sinkronisasi data pemilih dari setiap kecamatan sangat penting sebelum DPT disahkan, untuk memastikan semua pihak memiliki data yang valid dan akurat.

"Jika masalah ini tidak selesai hari ini, maka pada penetapan DPT Tingkat Kabupaten akan kami perpanjang masalahnya, karena kami tidak ingin ada kendala saat penetapan DPT di Tingkat Provinsi," tegas Oki.

Dengan koordinasi dan kolaborasi yang baik antara Bawaslu dan KPU, diharapkan proses penetapan DPT dapat berjalan lancar dan akurat, sehingga dapat meminimalisir potensi sengketa pada Pemilihan 2024 di Kabupaten OKI.

OKI DPT

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bobby Aditya Nugraha

Tag
#AyoAwasiBersama #PemilihanSerentak2024 #BawasluOKI #KawalHakPilih