Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU OKI HARAP PKD MAMPU IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN

Bawaslu OKI Sungai Menang

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona saat kegiatan Penguatan Kapasitas bagi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Sungai Menang dalam Menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024, Sabtu (29/6/2024).

Sungai Menang, Bawaslu OKI - Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona mengatakan bahwa Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) harus mampu mengidentifikasi hasil pengawasan. Hal tersebut dirinya ungkapkan saat membuka kegiatan Penguatan Kapasitas bagi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Sungai Menang dalam Menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024, Sabtu (29/6/2024). 

"Jajaran PKD harus mampu mengidentifikasi hasil pengawasan dengan cermat. Pelaksanaan pengawasan mencakup proses pengamatan, penilaian, pemeriksaan, dan pengkajian. Sehingga diperlukan pencermatan yang akurat oleh pengawas sebelum merumuskan hasil pengawasan." ujar Romi.

Romi Sungai Menang

“Melalui proses pengamatan, penilaian, pemeriksaan, dan pengkajian yang cermat, PKD dapat memastikan bahwa hasil pengawasan yang dirumuskan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini adalah tanggung jawab besar yang memerlukan dedikasi dan ketelitian,” tambahnya.

Lebih lanjut, Romi mengungkapkan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengawasan. Menurutnya, integritas adalah kunci utama dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu. Dia juga menambahkan perlunya kerja sama dan koordinasi yang baik antara PKD dengan berbagai pihak terkait.

“Kita harus bisa memastikan bahwa semua tahapan pemilihan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan bebas dari kecurangan. Kerja sama yang baik antara PKD dengan pihak terkait, seperti kepolisian dan masyarakat, sangat penting untuk menciptakan kondisi pemilihan yang aman dan kondusif," jelas Romi.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi PKD dalam melaksanakan tugas pengawasan pada Pemilihan 2024 agar dapat berlangsung lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

Kegiatan Sungai Menang

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Mujio Saputra

Tag
#BawasluOKI #PemilihanSerentak2024 #AyoAwasiBersama #CegahAwasiTindak #SahabatBawasluOKI