Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu OKI Hadiri Rapat Paripurna DPRD OKI Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

ROMI DUDUK DPRD OKI

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona saat menghadiri Rapat Paripurna yang diadakan oleh DPRD Kabupaten OKI dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Jumat (16/8/2024).

Kayuagung, Bawaslu OKI – Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, menghadiri Rapat Paripurna yang diadakan oleh DPRD Kabupaten OKI dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang disiarkan secara langsung melalui media televisi, Jumat (16/8/2024).

"Momentum perayaan kemerdekaan ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga persatuan dan keutuhan bangsa, terlebih menjelang pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten OKI. Kami berharap semangat nasionalisme yang kita peringati hari ini juga menjadi landasan bagi seluruh pihak untuk menjaga integritas dan kedamaian dalam setiap tahapan Pilkada mendatang. Demokrasi harus dijalankan dengan semangat persatuan, tanpa mengesampingkan nilai-nilai kebangsaan," ujar Romi.

ROMI DENGAR PIDATO

Ketua DPRD Kabupaten OKI, Abdiyanto Fikri, dalam sambutannya menekankan bahwa Rapat Paripurna ini merupakan agenda nasional penting yang dilaksanakan setiap tanggal 16 Agustus. Pada momen ini, seluruh rakyat Indonesia diharapkan dapat mendengarkan pidato kenegaraan Presiden sebagai bagian dari perayaan HUT Republik Indonesia. "Kami berharap momentum perayaan kemerdekaan ini tidak hanya sebatas seremonial, tetapi juga dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan persatuan," ujar Abdiyanto.

Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kesempatan tersebut berlangsung di Gedung Nusantara, Jakarta, dalam rangka Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, yang juga merupakan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sidang dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan dilanjutkan dengan pidato pengantar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan memberikan pesan penting terkait masa depan Indonesia.

Menanggapi pidato tersebut, Abdiyanto menekankan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi harus menjadi renungan dan bahan evaluasi untuk meningkatkan semangat kebangsaan di Kabupaten OKI. "Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan memahami pesan-pesan yang telah disampaikan oleh Presiden, terutama dalam meningkatkan semangat nasionalisme dan persatuan," tambahnya.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Abdiyanto Fikri sebagai Ketua DPRD Kabupaten OKI, didampingi sejumlah pimpinan DPRD lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh Penjabat (PJ) Bupati OKI, Asmar Wijaya, unsur Forkopimda, pimpinan organisasi perangkat daerah, serta Forkompimcam di Kabupaten OKI.

DPRD OKI