Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu OKI Siap Perkuat Kualitas Keterangan dalam PHP Pilkada 2024

KAFROWI BIMTEK

Anggota Bawaslu OKI Muhammad Kafrowi (Kiri) saat menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota bagi Bawaslu Tahun 2024 Angkatan II di Bogor, Selasa (3/9/2024).

Bogor, Bawaslu OKI – Anggota Bawaslu OKI Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Muhammad Kafrowi menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota bagi Bawaslu Tahun 2024 Angkatan II di Bogor, Selasa (3/9/2024). Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kesiapan Bawaslu dalam memberikan keterangan pada persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Lanjut Kafrowi, bimtek ini penting untuk mempertajam kemampuan Bawaslu, terutama dalam penyampaian keterangan saat menangani sengketa hasil Pemilu. Ia mengutip apresiasi MK yang diberikan kepada Bawaslu dalam PHPU Legislatif Tahun 2024 yang lalu sebagai dorongan untuk terus meningkatkan kualitas keterangan.

“MK mengapresiasi keterangan tertulis yang disampaikan oleh Bawaslu dalam PHPU Legislatif 2024. Ini merupakan pengakuan atas kualitas kerja kita, namun juga menjadi tantangan agar keterangan yang diberikan dalam Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada yang akan datang semakin baik lagi,” ujar Kafrowi, mengutip arahan dari Anggota Bawaslu Totok Hariyono.

KAFROWI BIMTEK FOTBER

Pada kesempatan yang sama, Totok sendiri dalam arahannya mengingatkan pentingnya tidak terlena dengan pujian yang diterima. Ia menegaskan bahwa apresiasi dari MK seharusnya menjadi motivasi untuk terus memperbaiki kualitas keterangan tertulis yang disampaikan dalam PHP.

“Apresiasi itu jangan membuat kita euforia atau terlena. Justru harus menjadi pemacu agar keterangan yang kita berikan tetap berpijak pada keadilan Pemilu,” tegas Totok.

Totok juga menjelaskan dalam memberikan keterangan tertulis, ada tiga elemen penting yang harus diperhatikan, yaitu fakta, data, dan kata. “Fakta berasal dari hasil pengawasan yang diperkuat dengan data dan dokumen, sementara penyampaian kata harus aktual dan tepat dalam menggambarkan situasi serta bukti,” jelasnya.

CAK TOTOK

Di akhir arahannya, Totok mengajak seluruh peserta Bimtek untuk serius dalam mengikuti kegiatan ini dan menegaskan kembali pentingnya perjuangan bersama dalam menjaga keadilan Pemilu pada setiap tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Kami berterima kasih kepada MK, dan mari bersama-sama berjuang menegakkan keadilan Pemilu dalam Pilkada Serentak 2024 ini,” tutupnya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan Bimtek ini, Bawaslu diharapkan dapat meningkatkan kapasitasnya dalam menghadapi berbagai sengketa Pemilu, khususnya dalam memberikan keterangan yang lebih baik dan lebih mendalam dalam sidang di MK.

SUASANA BIMTEK

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Muhammad Kafrowi/Bawaslu RI

Tag
#BawasluOKI #PemilihanSerentak2024 #AyoAwasiBersama #CegahAwasiTindak #SahabatBawasluOKI