Lompat ke isi utama

Berita

LAKUKAN PEMBINAAN, BAWASLU OKI SIAPKAN PANWASCAM HADAPI PEMILIHAN TAHUN 2024

PANWASCAM OKI

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Penguatan Kapasitas Pengawas Pemilu dalam Menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Rabu (13/6/2024)

Palembang, Bawaslu OKI - Dalam rangka menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024 khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Bawaslu OKI lakukan pembinaan kepada Ketua dan Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten OKI. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, pada Rabu, 13 hingga Jumat, 15 Juni 2024 di Hotel Swarna Dwipa, Kota Palembang.

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mempersiapkan Panwascam dalam menghadapi Pemilihan Serentak yang akan datang. Dirinya juga menekankan kepada para peserta mengenai pentingnya partisipasi aktif serta keseriusan dalam mengikuti kegiatan ini.

ROMI KETUA BAWASLU OKI

"Tujuan dari kegiatan ini adalah agar rekan-rekan pengawas di Kecamatan se-Kabupaten OKI memahami tupoksi dan tugas-tugas sebagai Panwascam," ujar Romi.

"Saya ingin teman-teman Panwascam untuk serius mengikuti kegiatan ini, serap ilmu sebanyak-banyaknya dari seluruh pemateri hari ini. Tanyakan apa yang ingin ditanyakan sebelum turun melakukan pengawasan, jangan ketika sudah turun di lokasi baru akan ditanyakan," tambahnya.

Romi mengungkapkan bahwa 66 persen Panwascam di OKI merupakan wajah lama. Meskipun begitu, dirinya tetap memberikan dukungan terkhusus kepada anggota baru agar memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berdiskusi dengan yang lebih berpengalaman.

SUASANA KEGIATAN

"Bagi yang baru bergabung, jangan merasa minder atau kurang berpengalaman. Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berdiskusi. Yang tidak tahu, silahkan ditanyakan dan didiskusikan dengan yang lebih senior," jelas Romi.

Sebagai tambahan informasi, turut hadir Anggota Bawaslu OKI, Muhammad Oki Mabruri dan Syahrin sekaligus berkesempatan memberikan materi sesuai divisi masing-masing. Kegiatan ini juga menghadirkan berbagai pemateri yang kompeten, di antaranya Dr. Ahmad Sopian selaku akademisi, Deri Siswadi, Ketua KPU OKI periode 2019-2023 dan Muhaimin, selaku pengamat politik. Selain itu, turut hadir perwakilan unit Satintelkam Polres OKI.

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bobby Aditya Nugraha