Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Pelantikan PKD, Bawaslu OKI Tekankan Pentingnya Peran PKD pada Pemilihan Tahun 2024

PelantikanPKD-OKI

Proses Pelantikan PKD Terpilih se-Kabupaten Ogan Komering Ilir oleh Panwascam di Gedung Kesenian, Kayuagung, Minggu (2/6/2024)

Kayuagung, Bawaslu OKI – Menghadiri pelantikan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Kayuagung, Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona menekankan pentingnya peran PKD dalam pengawasan Pemilihan Tahun 2024 di Kabupaten OKI. Dirinya mengatakan bahwa PKD merupakan garda terdepan pengawasan di tingkat desa.

"PKD adalah garda terdepan pengawasan, kalian akan menjadi mata dan telinga kami untuk di desa. Untuk itu, kami berharap kepada sahabat PKD yang baru dilantik hari ini setelah pulang dari pelantikan untuk belajar, membaca aturan, undang-undang, Peraturan Bawaslu (Perbawaslu), dan Peraturan KPU (PKPU). Jangan sampai kita sebagai pengawas tidak tahu aturan, biar masyarakat tahu fungsi kita sebagai pengawas pemilu itu apa," ujar Romi dalam sambutannya pada kegiatan Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Gedung Kesenian, Kayuagung, Minggu (2/6/2024).

RomiMaradona

Romi berharap Pemilihan Serentak 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai, tanpa konflik. Selain mempelajari terkait aturan tentang pemilu maupun pemilihan, dia menekankan pentingnya PKD untuk dapat berkolaborasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Kepolisian, TNI, serta pemerintah desa dan kecamatan. 

"Kami minta sahabat PKD maupun Panwascam untuk berkolaborasi dengan semua pihak, baik itu Kepolisian, TNI, pihak pemerintah desa maupun kecamatan, untuk melakukan pengawasan bersama masyarakat. Kami harap setelah ini, sahabat PKD dapat mempelajari apa yang belum diketahui terkait aturan tentang pemilu, baik itu undang-undang pemilu maupun undang-undang pemilihan," jelas Romi.

Kemudian dalam sambutannya, PJ Bupati OKI yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol OKI, Irawan Sulaiman, menyampaikan pesan dari PJ Bupati. Selain ucapan selamat, pesan tersebut juga menekankan pentingnya komitmen bersama untuk menciptakan Pemilihan Tahun 2024 di Kabupaten OKI yang aman dan damai.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten OKI, kami ucapkan selamat bagi pengawas pemilu tingkat kelurahan/desa se-Kabupaten OKI yang baru saja dilantik. Semoga saudara-saudari dapat menjalankan amanah dengan baik dan penuh tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Irawan. 

IrawanSulaiman

“Momentum ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah pada Tahun 2024 nantinya dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran sehingga pemilihan yang aman, damai dan sejuk dapat tercapai.” tambahnya.

Selanjutnya, Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto juga menyampaikan sambutannya, dia mengingatkan para PKD tentang pentingnya integritas dan tanggung jawab moral dalam menjalankan tugas. 

“Ada sumpah yang diucapkan dengan persaksian dari tokoh agama bahwa bapak-ibu sekalian akan bertanggung jawab dan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai pengawas pemilu kelurahan/desa pada pemilihan serentak di Kabupaten OKI. Apa yang menjadi ikrar itu adalah bentuk pertanggungjawaban moral dari tugas yang akan PKD emban ke depannya,” tegas Hendrawan.

KapolresOKI

“Selamat atas pelantikan PKD terpilih pada hari ini. Amanah yang sudah diberikan, laksanakan dan pertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan, serta secara institusi bahwa kalian sudah berjanji untuk mengawal dan melakukan pengawasan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, selain mengundang Ketua dan Anggota Panwascam se-Kabupaten OKI yang mana sekaligus melantik para PKD terpilih, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ketua, Anggota, dan jajaran sekretariat Bawaslu OKI, Perwakilan PJ Bupati, Kesbangpol, Kapolres, Perwakilan Kejari, Perwakilan Kasdim 0402 OKI, dan Ketua KPU OKI.

PelantikanPKD

Foto : Bobby Aditya Nugraha

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Tag
#BawasluOKI #PKD #AyoAwasiBersama #PemilihanSerentak2024