Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU OKI MINTA PKD CERMAT DAN TELITI AWASI COKLIT

SAMBUTAN KETUA BAWASLU OKI

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona (tengah) saat memberikan arahan kegiatan Penguatan Kapasitas bagi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Kayuagung, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam, Pedamaran, dan Pedamaran Timur yang digelar di Kayuagung, Rabu (26/6/2024).

Kayuagung, Bawaslu OKI - Sebagai langkah kesiapan pengawas pemilu dalam menghadapi tahapan Pemilihan yang sedang berlangsung, Bawaslu OKI menggelar kegiatan penguatan kapasitas bagi Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Kayuagung, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam, Pedamaran, dan Pedamaran Timur. Pada kegiatan yang digelar di Kayuagung, Rabu (26/6/2024) ini, Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona meminta PKD untuk lebih cermat dan teliti dalam melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang sedang berjalan saat ini. 

“Kita sebagai pengawas pemilu harus benar-benar ekstra cermat dan teliti dalam mengawasi tahapan coklit data pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). PKD harus memperhatikan kepada pemilih yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih wajib terdaftar sebagai pemilih, pemilih yang tidak memenuhi syarat wajib dihapus dari daftar pemilih,” ujar Romi.

Lebih lanjut, dirinya juga menekankan pentingnya PKD dalam membawa Form A Pengawasan dan Alat Kerja Pengawasan (AKP). Hal tersebut sebagai dokumen serta bukti bahwa pengawasan telah dilakukan. 

romi maradona

“Kemudian untuk menjadi catatan penting, PKD dalam melakukan pengawasan wajib membawa Form A Pengawasan dan AKP sebagai dokumen serta bukti kita telah melakukan pengawasan. Form A Pengawasan ini adalah alat kita untuk memastikan setiap langkah pengawasan tercatat dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Romi.

“Pengawasan yang cermat pada tahapan coklit adalah fondasi penting dalam menjaga integritas daftar pemilih. Dengan ketelitian kita, setiap pemilih yang memenuhi syarat akan terdaftar dengan benar, dan mereka yang tidak memenuhi syarat akan dihapus,” tambah Romi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Anggota Bawaslu OKI, Syahrin, serta mantan Anggota Bawaslu OKI periode 2018-2023, Muhammad Fachruddin, yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Partisipasi dan pengalaman para narasumber diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan yang berharga bagi PKD dalam menjalankan tugas pengawasan.

foto bersama

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Andry Rama Kusuma

Tag
#BawasluOKI #PemilihanSerentak2024 #AyoAwasiBersama #CegahAwasiTindak #SahabatBawasluOKI