Lompat ke isi utama

Berita

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu OKI Dorong Peningkatan Kinerja Kehumasan

LOLLY SUHENTY SAMBUTAN

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Humas Bawaslu se-Indonesia pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Evaluasi Pemberitaan Bawaslu Pasca Pemilu 2024 di Palembang, Rabu (7/8/2024).

Palembang, Bawaslu OKI – Menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Bawaslu OKI terus berupaya meningkatkan kualitas pemberitaan kehumasan, sejalan dengan arahan dan apresiasi yang disampaikan oleh Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty. Anggota Bawaslu OKI, RA. Muhammad Oki Mabruri, menyampaikan rasa terima kasihnya atas apresiasi tersebut dan berharap kinerja Humas Bawaslu OKI dapat lebih baik lagi dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan. Semoga ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan kehumasan, khususnya dalam menyampaikan informasi yang akurat dan transparan kepada masyarakat, terlebih dalam menghadapi tahapan Pilkada 2024 yang sedang berjalan,” ujar Oki saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Evaluasi Pemberitaan Bawaslu Pasca Pemilu 2024 di Palembang, Rabu (7/8/2024).

Sebelumnya, Lolly Suhenty mengapresiasi kinerja Humas Bawaslu se-Indonesia atas pemberitaan yang mendetail tentang kerja-kerja pengawasan Pemilu 2024. Ia mengungkapkan, selama Pemilu 2024, sebanyak 72.718 berita tentang Bawaslu telah dipublikasikan, terdiri dari 36.420 berita di media eksternal dan 36.298 berita melalui kanal internal Bawaslu.

LOLLY SUHENTY SAMBUTAN

"Perbedaan yang sangat tipis antara jumlah pemberitaan eksternal dan internal ini menjadi indikasi kuat bahwa media luar melihat pentingnya isu-isu yang diangkat oleh Bawaslu. Ini menunjukkan bagaimana pihak eksternal memberikan perhatian khusus terhadap pengawasan Pemilu, dan ini merupakan sinyal positif bagi upaya kami dalam memastikan transparansi dan integritas proses Pemilu," ujar Lolly.

Menurut Lolly, pemberitaan eksternal terutama menyoroti tahapan kampanye, pemutakhiran data pemilih, serta tahapan pencalonan, sementara pemberitaan internal lebih banyak menekankan pada proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, diikuti oleh verifikasi parpol serta kampanye.

"Hal ini menjadi refleksi penting bagi kita untuk memperkuat strategi komunikasi ke depan, terutama menghadapi Pilkada 2024," pungkas Lolly.

Dengan tantangan Pilkada 2024 di depan mata, Bawaslu OKI siap berperan lebih aktif dalam mendistribusikan informasi yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, baik melalui media internal maupun eksternal.

GONG RAKORNAS HUMAS

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bobby Aditya Nugraha