Lompat ke isi utama

Berita

Pilkada OKI 2024 Potensi ‘Head to Head’, Bawaslu OKI : Tingkatkan Kerja Pengawasan

KETUA OKI SAMBUTAN

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan Tahapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Hotel Novotel, Palembang, Jumat (23/8/24).

Palembang, Bawaslu OKI – Jelang Tahapan Pencalonan, Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona meminta jajaran pengawas di daerah untuk benar-benar melakukan pengawasan. Menurutnya, ada kemungkinan Pilkada 2024 di Kabupaten OKI ini hanya diikuti oleh dua pasangan calon atau ‘head to head’.

“Dalam waktu dekat ini kita akan masuk ke tahapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati. Artinya, kerja-kerja kita mulai saat ini akan meningkat. Apalagi nanti ketika sudah penetapan dan sudah masuk masa kampanye, teman-teman saya minta benar-benar melakukan pengawasan,” ujar Romi dalam sambutannya pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan Tahapan Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Hotel Novotel, Palembang, Jumat (23/8/24).

“Karena kemungkinan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten OKI kali ini hanya akan diikuti oleh dua pasangan calon. Jadi, kemungkinan ini akan menjadi perdana Pemilihan di Kabupaten OKI yang 'head to head'. Tentunya ini akan membuat kita bekerja lebih ekstra lagi,” tambah Romi.

ROMI SAMBUTAN

Romi juga meminta teman-teman Panwaslu Kecamatan (Panwascam) untuk menginstruksikan seluruh jajaran Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) di wilayahnya jangan main-main dalam pengawasan. Dirinya menyatakan, kita sebagai penyelanggara untuk tetap tegak lurus pada aturan.

“Sebagai pengawas kita jangan main-main. Jangan sampai ada yang main ke kiri dan ke kanan. Penyelenggara harus netral, tegak lurus di tengah,” ungkap Romi.

“Jadi, jangan berpikir untuk main mata. Karena ini kemungkinan hanya dua pasangan calon yang maju, maka akan banyak mata juga yang akan mengawasi kita. Jangan sampai kita selaku pengawas, justru kita yang diawasi,” timpalnya.

Terakhir, Romi mengingatkan jajaran Panwascam dan PKD untuk memberikan imbauan kepada Kepala Desa (Kades) agar bersikap netral. “Terkait netralitas, tolong berikan imbauan kepada Kades. Hal tersebut sebagai upaya mencegah para Kades untuk terjerat pidana pada Pilkada 2024,” pungkasnya.

Rakernis pengawasan ini diikuti Ketua dan Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Panwascam se-Kabupaten OKI. Turut hadir juga dalam acara, yakni perwakilan KPU OKI, perwakilan Polres OKI serta tamu undangan lainnya.

FOTBER PENCALONAN

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bobby Aditya Nugraha