Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilihan 2024, Bawaslu OKI Siap Maksimalkan Kegiatan dan Tingkatkan Pengawasan

Bawaslu OKI

Perwakilan dari Bawaslu OKI saat menghadiri Rapat Kerja Teknis Persiapan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Serentak Tahun 2024 dan Penandatanganan Naskah Kerjasama antara Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Candradimuka yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sumsel di Hotel Novotel Palembang, Minggu (28/7/2024).

Palembang, Bawaslu OKI – Bawaslu OKI menyatakan kesiapannya untuk memaksimalkan kegiatan agar efektif dan efisien serta memperkuat sosialisasi dan meningkatkan tugas pengawasan. Hal ini sejalan dengan arahan Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, yang mengimbau seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan kegiatan secara efektif dan efisien, mengingat waktu yang semakin dekat dengan hari pencoblosan Pemilihan Serentak 2024 yang tinggal empat bulan lagi.

Kurniawan menekankan pentingnya memanfaatkan waktu yang tersedia serta memperhatikan kualitas kegiatan yang dilaksanakan. “Buatlah kegiatan yang efektif dan bermanfaat bagi kita semua dalam rangka pengawasan pada Pemilihan Tahun 2024 ini,” ujarnya dalam Rapat Kerja Teknis Persiapan Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Serentak Tahun 2024 dan Penandatanganan Naskah Kerjasama antara Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Candradimuka di Hotel Novotel Palembang, Minggu (28/7/2024).

Kurniawan Sambutan

Menurut Kurniawan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota dan jajarannya berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan pengawasan. Namun, ia juga mengingatkan agar semua kegiatan tetap sesuai dengan jadwal tahapan yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, ia meminta untuk memperbanyak kerja-kerja pengawasan demi kelancaran Pemilihan Tahun 2024 ini.

Di tengah padatnya agenda Bawaslu dan Bawaslu Provinsi, Kurniawan menekankan pentingnya manajemen waktu yang baik. “Dengan tingginya mobilitas dan banyaknya kegiatan dari Bawaslu dan Bawaslu Provinsi, kita tetap harus menjalankan tugas pengawasan di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Selain itu, Kurniawan juga meminta agar sosialisasi terkait netralitas ASN, Kepala Desa, dan Perangkat Desa dimasifkan. Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting agar semua lapisan masyarakat, termasuk ASN, perangkat desa, dan masyarakat umum, memahami pentingnya netralitas dalam pemilu. “Pengetahuan terkait netralitas ini harus ditingkatkan agar pengawasan oleh Bawaslu dapat berjalan dengan baik,” tutup Kurniawan.

Dengan imbauan ini, diharapkan Bawaslu Kabupaten/Kota dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas pengawasan dan memastikan Pemilihan Tahun 2024 berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Sebagai tambahan informasi, turut hadir dalam acara ini, Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, Anggota Bawaslu OKI, RA. Muhammad Oki Mabruri, staf sekretariat Bawaslu OKI, dan perwakilan Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Kayuagung dan Jejawi. Di sela kegiatan pembukaan, juga terdapat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Candradimuka.

STISIPOL

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bawaslu OKI/Bawaslu Sumsel