Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu OKI Dorong Peningkatan Kapasitas SDM dalam Kehumasan dan Kearsipan

HUMAS DAN ARSIP

Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan saat membuka kegiatan Pelatihan Tata Naskah Dinas Dan Kearsipan Serta Kehumasan Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan Dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sumsel di Palembang, Senin (19/8/2024).

Palembang, Bawaslu OKI – Anggota Bawaslu OKI, RA. Muhammad Oki Mabruri, merespons positif arahan Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan, yang menekankan pentingnya peningkatan kapasitas di bidang kehumasan, terutama dalam pemberitaan dan tata naskah dinas. Dirinya berharap, pelatihan yang diadakan ini dapat menjadi pemicu bagi seluruh peserta untuk meningkatkan pengelolaan tata naskah dinas, kearsipan, serta kemampuan kehumasan.

“Kami sangat mendukung arahan dari Ketua Bawaslu Sumsel yang menekankan pentingnya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam hal kehumasan, pemberitaan, dan tata naskah dinas. Ini adalah aspek yang krusial untuk memastikan bahwa setiap informasi dan dokumen yang disajikan Bawaslu terstruktur dengan baik dan profesional,” tutur Oki pada kegiatan Pelatihan Tata Naskah Dinas Dan Kearsipan Serta Kehumasan Bagi Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan Dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Sumsel di Palembang, Senin (19/8/2024).

“Pelatihan ini menjadi kesempatan penting bagi kita semua untuk memperdalam pemahaman tentang pengelolaan arsip dan dokumentasi yang lebih baik, serta memperkuat kemampuan komunikasi publik. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta dapat membawa perubahan positif dalam kinerja kehumasan dan pengelolaan tata naskah di lingkungan Bawaslu Kabupaten/Kota masing-masing,” tambahnya.

OKI HUMAS DAN ARSIP

Dalam sambutannya, Kurniawan menyatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu langkah strategis Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan untuk memperkuat SDM di bidang kehumasan, kearsipan, dan tata naskah dinas. "Kami menghadirkan pemateri ahli dari bidang kearsipan dan media. Silakan manfaatkan kesempatan ini untuk belajar cara membuat berita, konten, serta memahami dasar-dasar tata naskah dinas yang baik," ujar Kurniawan.

Kurniawan menyoroti pentingnya Bawaslu Kabupaten/Kota membangun sinergi dengan media lokal dalam meningkatkan kemampuan pemberitaan. “Jika selama ini penyajian informasi kagiatan kita belum terlalu detail, kami mendorong rekan-rekan di Bawaslu Kabupaten/Kota untuk memaksimalkan kerja sama dengan media, agar staf bisa belajar langsung dengan media bagaimana cara membuat berita yang baik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kurniawan juga mendorong setiap Kepala Sekretariat (Kasek) atau Koordinator Kekretariat (Koorsek) di Bawaslu Kabupaten/Kota untuk membina staf yang bertugas khusus dalam pembuatan berita. "Staf ini juga diharapkan memahami teknik dokumentasi, baik dalam mengambil foto maupun membuat video pendek yang menarik terkait aktivitas lembaga," katanya.

KURNIAWAN HUMAS ARSIP

Selain kehumasan, pengelolaan arsip dan tata naskah dinas menjadi fokus penting dalam pelatihan ini. Kurniawan menekankan bahwa setiap surat yang dikeluarkan oleh Bawaslu harus mengikuti aturan dan tata naskah yang sesuai, baik dalam hal dasar hukum, prolog, maupun struktur penutup. "Pengelolaan surat dan arsip harus dikuasai dengan baik untuk memastikan administrasi berjalan dengan lancar," jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan ini mengundang Koordinator Divisi yang membidangi Kehumasan dan SDM dari seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, serta Kasek, Koorsek dan staf terkait. Kurniawan berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan kapasitas SDM di seluruh wilayah.

Terakhir, Oki menambahkan harapannya, "Semoga kegiatan ini menjadi pemicu bagi kita semua dalam meningkatkan kapasitas, baik di bidang tata naskah dinas, kearsipan, maupun kehumasan khususnya di Bawaslu Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

FOTBER OKI

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bobby Aditya Nugraha/RA. Muhammad Oki Mabruri