Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu OKI Ajak Media Ikut Aktif Sosialisasi dan Mendidik Masyarakat Terkait Pemilihan

ROMI SAMBUTAN SOSIALISASI

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona saat menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam Menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan Tema “Peran Media dalam Mengawal Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas” yang digelar di The ALTS Hotel, Palembang, Kamis (11/7/2024).

Palembang, Bawaslu OKI – Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona mengajak media untuk ikut aktif mensosialisasikan serta mendidik masyarakat terkait tahapan Pemilihan. Hal tersebut ia ungkapkan pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam Menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang digelar di The ALTS Hotel, Palembang, Kamis (11/7/2024).

“Peran media sangat penting. Maka dari itu, kami meminta peran kawan-kawan media untuk membantu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait tahapan Pemilihan. Kita sama-sama ingin Pemilihan di Kabupaten OKI ini berjalan dengan aman dan lancar,” ungkap Romi pada kegiatan yang mengusung tema “Peran Media dalam Mengawal Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang Berintegritas” tersebut.

Lebih lanjut, Romi menambahkan, media memiliki tanggung jawab besar untuk menyebarkan informasi yang akurat dan mendidik masyarakat tentang setiap tahapan Pemilihan, termasuk tahap pencocokan dan penelitian (coklit) yang sedang berlangsung. Ia mengajak media untuk membantu masyarakat yang belum dicoklit agar melaporkan diri, sehingga hak pilih mereka tidak hilang. 

ROMI SOSIALISASI

"Saat ini sedang berlangsung tahapan coklit. Mulai dari tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024, artinya ini menjadi tugas kita bersama untuk memberikan informasi bagi masyarakat terkait coklit. Masyarakat yang sesuai kriteria sebagai pemilih namun belum dicoklit, agar segera melaporkan diri sehingga hak pilihnya tidak hilang," kata Romi.

“Termasuk jika teman-teman media menemukan ada Pantarlih yang melakukan tugas tidak sesuai prosedur. Segera laporkan ke kami, agar kami lakukan saran perbaikan ke KPU OKI,” tambahnya.

Di sela kegiatan, Romi menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan Pemilu sebelumnya yang berjalan baik, aman, lancar, dan sukses salah satunya berkat dukungan para awak media. Melalui kegiatan ini, dirinya berharap dapat menjadikan sinergi antara Bawaslu dan media semakin kuat.

“Pasca Pemilu kemarin, kami bersyukur berkat bantuan teman-teman media sekalian, Pemilu di Kabupaten OKI berjalan baik, aman, lancar, dan sukses. Kami di Bawaslu memiliki keterbatasan, oleh sebab itu kami meminta media untuk tetap menjadi perpanjangan tangan kami dalam mendengarkan dan menyampaikan informasi dari masyarakat terkait Pemilihan yang sedang berlangsung sekarang," pungkas Romi.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan ini turut dihadiri oleh Anggota Bawaslu OKI, Muhammad Kafrowi dan RA. Muhammad Oki Mabruri, beserta jajaran staf. Peserta pada kegiatan ini merupakan perwakilan dari berbagai media yang terundang oleh Bawaslu OKI.

Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam menjalin kerjasama yang erat antara Bawaslu dan media. Diharapkan, media dapat ikut berperan sebagai garda depan dalam menjaga demokrasi, memberikan edukasi yang tepat, dan mengawasi jalannya Pemilihan agar berlangsung sesuai dengan peraturan yang berlaku.

MEDIA SOSIALISASI

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Mujio Saputra

Tag
#BawasluOKI #PemilihanSerentak2024 #AyoAwasiBersama #CegahAwasiTindak #SahabatBawasluOKI