Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu OKI Ajak Masyarakat Jadi Pengawas Partisipatif

OKI OKP

Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona saat menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 dengan tema Kolaborasi Pengawasan pada Pemilihan Serentak 2024 yang Bermartabat dan Berintegritas di The ALTS Hotel, Palembang, Jumat (2/8/2024).

Palembang, Bawaslu OKI - Ketua Bawaslu OKI, Romi Maradona, mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk menjadi pengawas partisipatif dalam Pemilihan Serentak 2024. Dirinya menekankan pentingnya peran seluruh elemen masyarakat di Kabupaten OKI dalam memastikan proses Pemilihan berjalan dengan baik dan adil.

"Kami, Bawaslu OKI, tidak bisa bekerja sendiri. Kami membutuhkan bantuan teman-teman semua, seluruh elemen masyarakat termasuk OKP yang terundang pada kegiatan ini, untuk ikut mengawasi Pemilihan Serentak Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Tahun 2024," ujar Romi saat menyampaikan sambutan pada Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 dengan tema Kolaborasi Pengawasan pada Pemilihan Serentak 2024 yang Bermartabat dan Berintegritas di The ALTS Hotel, Palembang, Jumat (2/8/2024).

Romi menambahkan, suksesnya Pemilihan Tahun 2024 adalah kesuksesan bersama, kesuksesan masyarakat OKI pada umumnya. "Peran serta dari masyarakat OKI, baik itu dari teman-teman OKP, sangat kami butuhkan. Melalui forum ini, kami berharap teman-teman juga turut mensosialisasikan agenda Pemilihan Serentak yang akan kita laksanakan," lanjutnya.

ROMI SAMBUTAN

"Saat ini Bawaslu OKI sedang memasuki tahapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Sebulan yang lalu, Bawaslu OKI telah melakukan tahapan coklit (pencocokan dan penelitian). Kami mengapresiasi KPU OKI melalui Pantarlih yang telah bekerja keras melakukan pencocokan data dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4), dan Bawaslu OKI beserta jajaran juga melakukan pengawasan terhadap tugas-tugas yang dilakukan oleh Pantarlih," tambah Romi.

Selanjutnya, masih terkait tahapan DPSHP, Romi menjelaskan bahwa masyarakat juga mempunyai peran penting dalam mengawasi proses ini. "Kami telah menyiapkan posko kawal hak pilih, jadi jika ada masyarakat yang merasa belum dicoklit, silakan lapor ke Bawaslu OKI. Proses daftar pemilih ini masih terus berlangsung hingga tahapan pencoblosan, jadi pengawasan masih terus dilakukan," ungkapnya.

Sambutan Romi

Terakhir, Romi mengajak masyarakat untuk memberikan masukan dan peran serta kepada Bawaslu OKI apabila ada yang belum dicoklit atau ada yang sudah meninggal namun masih tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau Daftar Pemilih Sementara (DPS). "Jika terjadi demikian, kami akan segera menyampaikan saran perbaikan kepada KPU OKI. Harapannya, Mudah-mudahan Pemilihan Serentak 2024 di Kabupaten OKI ini dapat berlangsung lancar, aman, kondusif, dan berintegritas," tutup Romi.

Sebagai tambahan informasi, hadir langsung dalam kegiatan, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten OKI, Hendri Hanafi beserta jajaran, Ketua dan Anggota KPU OKI, dan perwakilan dari Polres OKI. Sedangkan peserta terundang pada kegiatan ini terdiri dari, perwakilan OKP dan media di Kabupaten OKI. Turut mengundang juga Kepala Sekretariat (Kasek) dan Bendahara Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten OKI. 

FOTBER SOSIALISASI PENGAWASAN

Penulis : Bobby Aditya Nugraha

Foto : Bobby Aditya Nugraha